Pertengahan Ramadan, Disperindag Tulungagung Sebut Harga Beras Medium Turun dan Sembako Stabil

Suasana salah satu pasar di Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Beberapa harga sembako di pertengahan bulan suci Ramadhan masih terbilang stabil. Bahkan ada bahan pokok yang mengalami penurunan, yaitu beras medium

Disperindag Lamongan Temukan Makan dan Minuman Rusak saat Sidak

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung, Tri Hariadi membenarkan hal tersebut.

"Beras turun ini memang dikarenakan beberapa faktor ada daerah di Jawa Timur di sebelah utara, termasuk Nganjuk dan sekitarnya sudah mulai panen. Sedangkan Bulog sendiri setiap hari nambah stok dengan membeli beras dari petani," ungkap Tri Hariadi, Rabu 5 April 2023 saat dikonfirmasi.

Massifkan Pasar Murah di Bulan Ramadan, Cara Pemkab Trenggalek Stabilkan Harga Bahan Pokok

Saat ini harga beras medium di pasar di Tulungagung paling tinggi sudah berkisar Rp 10 ribu per kilogram. Kendati Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium masih Rp 9.450 per kilogram.

Menurutnya, untuk beras memang ada penurunan kurang dari seribu rupiah yang jenis premium. Disperindag Tulungagung sudah mengecek di Gudang Bulog sebelah utara tersedia 250 ton. Sehingga aman untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

"Alhamdulillah kemarin juga ngecek di Bulog di Sumbergempol ada 900 ton," paparnya.

Hariadi menjelaskan kalau beras mulai ada tanda-tanda menurun harganya sejak awal puasa dan sebelum puasa cenderung naik. Untuk pertengahan puasa ini, kepastian harga stabil tidak ada kenaikan, Selain itu, stok aman sampai Hari Raya, karena di Jawa Timur Tulungagung juga termasuk 10 besar terendah beras medium.

Halaman Selanjutnya
img_title