Presiden RI Ingatkan Pimpinan Daerah Adanya Lonjakan Mudik Lebaran Tahun ini

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Viva

Jatim – Mendekati lebaran, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemudik akan mengalami lonjakan daripada tahun lalu. Dengan begitu ia meminta kepada segenap jajarannya untuk bersiap menghadapi gelombang pemudik yang tinggi.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Jokowi menyebutkan sebanyak 123 juta masyarakat yang akan melakukan mudik pada liburan lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M menurut data  yang dimiliki pemerintah. Ia memberikan pesan kepada pimpinan daerah dalam hal ini para Gubernur di sejumlah provinsi yang menjadi tujuan utama para pemudik.

“Semuanya emang harus bersiap-siap menjelang mudik karena kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik," kata Jokowi, Senin, 10 April 2023.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan diperkirakan terjadi penambahan sekitar 37 juta masyarakat yang melakukan mudik lebaran pada tahun ini.

"Tahun kemarin 86, tahun ini 123 juta. Hati-hati. Angka ini hati-hati. Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN, yang menyangkut transportasi laut, Para Gubernur, para Bupati dan Wali Kota, betul-betul menyiapkan diri karena melompat dari 86 juta ke 123 juta," ujar Jokowi 

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Jokowi juga telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat jumlah pemudik yang meningkat. Pemerintah, menurut Jokowi, akan mengoperasikan sejumlah ruas tol yang pembangunan konstruksinya telah diselesaikan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Meski pembangunan sejumlah ruas tol lengkap sepenuhnya, namun apabila telah dapat dilewati kendaraan dan dinilai layak dipakai, maka akan dioperasikan sehingga kemacetan dapat teratasi. Setelah lebaran selesai, pembangunan ruas tol tersebut akan kembali disempurnakan.

Halaman Selanjutnya
img_title