Partai Buruh Bingung Tentukan Pilihan, Anies atau Ganjar?

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Viva

Jatim – Nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswesan menjadi alternatif yang terkuat mendapatkan dukungan berdasarkan usulan pengurus Partai Buruh dari sejumlah daerah di acara Rakernas I, Januari 2023. 

MK Minta Kubu Anies Prabowo dan Ganjar Serahkan Kesimpulan Sidang PHPU Pilpres 16 April

Sebelumnya, Partai Buruh masih galau dalam menentukan dukungannya terhadap calon presiden di Pemilu 2024.

Ketua Tim Khusus Pemenangan Partai Buruh, Said Salahudin menjelaskan, Partai Buruh tetap akan memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon sekalipun terhalang aturan Presidential Threshold menjadi parpol pengusung capres-cawapres.

Momentum Idul Fitri Jadi Ajang Rekonsiliasi Politik Usai Pilpres 2024

“Sebenarnya kami punya dua opsi. Pertama, terpaksa Partai Buruh absen di Pilpres 2024. Opsi ini muncul karena hampir dapat dipastikan semua pasangan calon akan diusung oleh parpol pendukung omnibus law. Sedangkan posisi politik kami jelas berseberangan dengan parpol-parpol tersebut. Partai Buruh tegas menolak UU Cipta Kerja,” kata Said dalam keterangannya, Rabu, 26 April 2023.

Persoalannya, kata Said, partainya menyadari pilihan untuk tidak mengambil peran dalam kontestasi Pilpres justru akan menjauhkan Partai Buruh dari tujuan didirikannya partai tersebut.

Said Abdullah Bocorkan Rencana Pertemuan Megawati dengan Prabowo

“Bagaimana kami bisa mengupayakan upah pekerja naik secara signifikan, misalnya, jika sejak masa pencalonan kami tidak membangun kerja sama politik dengan capres yang kelak akan memimpin negeri ini,” kata Said. 

Karena itu, lanjut Said, muncul opsi yang kedua, yaitu Partai Buruh berikhtiar mengambil peran optimal dan strategis dengan memberi dukungan kepada salah satu pasangan calon, tanpa harus bekerja sama dengan parpol pengusung capres tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title