Menengok Kemeriahan Festival Layangan LED di Pantai Lombang Sumenep

Bupati Sumenep saat melihat jenis layangan LED salah satu peserta
Sumber :
  • Media Center Sumenep

Jatim – Setiap daerah memiliki cara tersendiri dalam melestarikan budaya lokal. Salah satunya dengan menggelar lomba sebagai daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

PPNS hingga Notaris Pengganti Resmi Dilantik Kakanwil Kemenkumham Jatim

Hal ini disadari betul oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. Pihaknya menggelar Festival Layangan LED dalam rangka melestarikan budaya-budaya lokal agar semakin melekat di kehidupan masyarakat.

Puluhan layangan LED dengan ragam dan jenis ukuran terbang bebas di langit bibir pantai Lombang, Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, pada Rabu malam, 26 April 2023.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Ornamen lampu LED yang dipasang ke badan layangan menghadirkan nilai estetika karya seni tersendiri. Apalagi terbang di waktu malam hari, menjadikan deretan layangan itu indah dilihat dari bawah.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan bahwa gelaran Festival Layangan LED ini merupakan kegiatan yang berbasis budaya. Sebab layangan adalah salah satu warisan budaya yang hingga kini masih diganderungi masyarakat.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

“Festival Layangan LED ini merupakan kegiatan berbasis budaya, mengingat layangan adalah salah satu budaya yang masih menarik dan diminati masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat membuka Festival Layangan LED itu, Rabu malam, 26 April 2023, dikutip dari Media Center Sumenep. 

Di tengah era teknologi saat ini, perlu diadakan kegiatan bernuansa budaya lokal, sebagai langkah nyata, karena kaum melenial menyukai permainan digital seperti game online.

Halaman Selanjutnya
img_title