Bakal Temui Menlu RI, Dubes Sudan Harap Ada Bantuan Kemanusiaan Lain

Dubes Sudan untuk Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimDuta Besar Sudan untuk Indonesia, Yassir Mohamed Ali Mohamed menyebut terus menjalin komunikasi dengan pemerintah Indonesia, terkait kondisi dan konflik militer di Sudan

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

"Mengenai konflik, kita akan bertemu Menteri Luar Negeri RI (Retno Marsudi) dan melaporkan perkembangan terakhir," kata Dubes Yassir dalam press conference di kediamannya, di Jakarta, Rabu, 3 Mei 2023. 

Sebagai informasi, konflik antara Militer Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter (RSF) terjadi sejak 15 April 2023. Selain itu, dilaporkan juga bahwa sekitar 559 orang meninggal dunia dan 4.000 lainnya alami luka-luka selama konflik yang pecah di negara tersebut.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Dubes Sudan untuk Indonnesia itu pun membeberkan bahwa dirinya akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.  

"Saya juga akan meminta bantuan dari perbatasan dan forum internasional terkait situasi di Sudan," katanya. 

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

Dubes Yassir juga berharap ada bantuan kemanusiaan lain, mengingat rumah sakit di Khartoum banyak yang hancur. Diketahui, sekitar 40 persen rumah sakit di Sudan terdampak akibat perang militan yang sedang berlangsung. 

"Kami berharap dapat segera bertemu dengan Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) dan berusaha mencari dukungan dari saudara-saudara kami," ujarnya.  

Halaman Selanjutnya
img_title