KTT ASEAN 2023 Digelar Hari Ini, Berikut Sejumlah Isu yang Dibahas

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 akan digelar di Hotel Meruorah, Labuan Baji, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu, 10 Mei 2023 hari ini. Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan akan memimpin seluruh pertemuan kepala negara itu. 

Jokowi Dikabarkan Maju Calon Ketum Partai Golkar, Apakah Benar?

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa para Menteri Luar Negeri negara ASEAN juga telah melakukan pertemuan untuk merampungkan sejumlah dokumen yang akan dibahas pada pertemuan nanti. Sejumlah isu yang sedang terjadi di kawasan ASEAN turut menjadi pembahasan para Menlu. 

“Para Menteri Luar Negeri banyak sekali membahas mengenai upaya untuk memerangi perdagangan manusia, terutama kejahatan di bidang penipuan online," ujarnya, dilansir dari VIVA, Rabu, 10 Mei 2023.  

Kece Trevel Pass Diburu Wisatawan, All You Can Trip Hampir Ludes

Tak hanya mengenai perdagangan manusia, KTT ASEAN yang ke-42 itu juga akan membahas soal isu mengenai masalah Myanmar. Termasuk isu serangan yang terjadi pada saat AHA Centre dan tim monitoring ASEAN hendak menyampaikan bantuan kemanusiaan. 

"Para Menteri Luar Negeri juga banyak sekali membahas isu mengenai masalah Myanmar, termasuk isu serangan yang baru-baru ini terjadi pada saat AHA Centre dan tim monitoring ASEAN hendak menyampaikan bantuan kemanusiaan,” terangnya.

Presiden Jokowi Tegaskan Harga BBM Tidak Naik

Retno lantas menyebut, bahwa Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan memimpin pertemuan tersebut. Tercatat ada lima pertemuan dalam ajang KTT ASEAN 2023. 

“Besok akan ada lima pertemuan yang semuanya akan dipimpin oleh Bapak Presiden yaitu pertemuan KTT dalam format pleno dan kemudian ada empat pertemuan interface, masing-masing dengan parlemen, dengan youth, dengan ABAC (ASEAN Business Advisory Council) yaitu dengan bisnis, juga dengan high level task force,” ujar Menlu. 

Halaman Selanjutnya
img_title