Para Pemimpin ASEAN Kecam Kekerasan di Myanmar

Jokowi bersama para pemimpin negara ASEAN
Sumber :
  • ASEAN2023 Host Photografer

JatimAsosiation of South East Asian Nations atau Asosiasi Negara – negara Asia Tenggara (ASEAN) sangat prihatin dengan kekerasan yang sedang berlangsung di Myanmar, khususnya serangan bersenjata terhadap konvoi kemanusiaan. 

Jokowi Dikabarkan Maju Calon Ketum Partai Golkar, Apakah Benar?

Para pemimpin ASEAN dalam sebuah pernyataan mendesak penghentian segera segala bentuk kekerasan dan penggunaan kekuatan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman dan tepat waktu serta dialog nasional yang inklusif.

Mereka mendukung pernyataan 8 Mei 2023, yang digaungkan pleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua ASEAN dalam menanggapi serangan baru-baru ini terhadap konvoi Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN untuk Penanggulangan Bencana (AHA Centre) dan Tim Pemantau ASEAN di Myanmar baru-baru ini.

Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

“Kami mengutuk serangan itu dan menggarisbawahi bahwa para pelaku harus dimintai pertanggungjawaban,” kata para Pemimpin ASEAN, dikutip dari The Sundaily, Rabu, 10 Mei 2023.

Para pemimpin juga menyatakan dukungan atas upaya Jokowi, termasuk keterlibatannya yang berkelanjutan dengan semua pemangku kepentingan di Myanmar, untuk mendorong kemajuan dalam implementasi Konsensus Lima Poin.

Anies Baswedan Datangi Markas PKS, Aboe Bakar: Bahas Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi

Delapan pemimpin ASEAN termasuk Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim hari ini menghadiri KTT ASEAN ke-42 2023, di Labuan Bajo, NTT, untuk membahas sejumlah isu yang menjadi kepentingan bersama pengelompokan kawasan tersebut. 

Sebagai informasi, Hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, resmi dibuka. Jokowi diperkirakan akan memimpin lima rangkaian pertemuan. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Halaman Selanjutnya
img_title