Pria Trenggalek Mimpi Sumur Amblas Temukan Arca Batara Guru

Benda yang diduga Arca Batara Guru ditemukan di Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim –Benda bernilai cagar budaya kembali ditemukan di Desa Kamulan, Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Kali ini ditemukan oleh kakek yang pernah bermimpi sumur amblas, setelah digali menemukan yang diduga Arca Batara Guru.

Warung Bakso Terkena Longsoran Batu di Trenggalek Mengalami Kerusakan

Slamet Riyadi selain bermimpi, juga sengaja menggali untuk membongkar pondasi di samping selatan rumahnya. Tidak dinyana, isyarat mimpinya berbuah sebuah arca dengan volume kurang lebih 50x40 cm.

"Pernah mimpi ada sumur ambles kok di utara selatan (rumah). Lalu saya menggali ini, apakah ada sumur beneran. Adanya arca (bukan sumur)," ungkap Slamet Riyadi ditemui di kediamannya, Senin 15 Mei 2023.

Calon Independen di Trenggalek Merasa Dipersulit Verfak: Ada Jalan, tapi Buntu

Kakek 77 tahun ini menceritakan awal kronologi penemuan arca tersebut. Ia dibantu oleh pekerja ingin membongkar pondasi untuk membersihkan di sebelah selatan rumahnya.

Setelah posisi kedalaman 1 meter, pekerja mendapati batu yang menghalangi galian. Pekerja berinisiatif untuk menghanjurkan menggunakan palu bogem ukuran 5 kg. Selepas beberapa kali mengenai batu tersebut tidak berhasil.

Trenggalek Serius Perdagangkan Karbon Usai Sukses Jadi Tuan Rumah APKASI 2024

Mendapati kejadian itu, Slamet mencoba menghentikan menghancurkan batu. Setelah di gali di samping melingkar, tidak disangka benda tersebut adalah arca. Sehingga diangkat keatas dan dilaporkan ke pihak Pemerintah Desa Kamulan.

"Lalu saya angkat, dibersihkan lapor ke Pak Lurah. Tidak ada keanehan, bagus lho arcanya, saya melihat merinding," akuinya.

Halaman Selanjutnya
img_title