Cerita Ketua PWNU Jatim Awal Mula Ketemu UHA hingga Dibaiat NU

KH Marzuki Mustamar.
Sumber :
  • YouTube

Jatim – Di acara Halal Bihalal Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, menceritakan awal mula pertemuannya dengan Ustaz Hanan Attaki (UHA) hingga dibaiat menjadi kader NU. Selasa, 16 Mei 2023.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Ketua PWNU Jawa Timur itu menyebut bahwa pertemuannya dengan UHA berjalan secara alami tanpa ada rencana maupun agenda sebelumnya. Termasuk piluhan UHA sendiri untuk berbaiat dan menjadi murid KH Marzuki Mustamar.

"Itu sangat alami (proses Hanan Attaki dibaiat jadi warga NU)," kata Kiai Marzuki, usai acara Halal Bihalal PWNU Jatim dengan jajaran Forkopimda Jatim di Kantor PWNU Jatim, Surabaya, Selasa, 16 Mei 2023.

Profil Bupati Sidoarjo Tersangka KPK: Putra Wakil Rais Syuriah NU Jatim, Punya Harta Rp4,7 M

Pengasuh Pondok Pesantren Syabilurrasyad, Malang itu lantas mengatakan bahwa sebelumnya, gerakan hijrah di kalangan kaum muda yang dibawa UHA sangat ditolak oleh sejumlah kalangan di Jawa Timur, utamanya di Madura.

"Dia kan ada di gerakan hijrah. Lalu ketika mulai masuk di Jawa Timur di Madura, di mana-mana, di kampung NU agak bermasalah dengan Banser dan segala macamnya kan tempo hari," tambahnya.

Pemkab Trenggalek Gelar Halal Bihalal, Pesan Bupati Arifin: Harus Bisa Bermanfaat

Diceritakan pula Kiai Marzuki, bahwa UHA sebelum bertemu dirinya, sempat menjalankan ibadah umrah ke tanah suci Mekkah. Di situlah, UHA memanjatkan doa kepada Allah SWT agar dipertemukan dengan seorang yang bisa membimbingnya perihal dakwah agama.

"Terus saat dia umrah entah bulan Ramadaan atau bulan apa ya, dia berdoa 'Ya Allah beri kami jalan keluar, tunjukkan kami guru siapa yang bisa memberi solusi'," lanjut Kiai Marzuki.

Halaman Selanjutnya
img_title