Indonesia mendapat Peringkat Tiga Klasemen Akhir SEA Games 2023

Ilustrasi medali SEA Games 2023
Sumber :
  • Viva

Jatim – Seusai Timnas Indonesia sepakbola menyumbang medali emas terakhir bagi kontingen Merah Putih Indonesia menempati peringkat tiga klasemen medali SEA Games 2023, Selasa malam 16 Mei 2023. 

Perkuat Pertahanan, Persik Kediri Tambah 3 Pemain Baru

Timnas Indonesia berhasil merebut emas pada babak final melawan Thailand setelah melalui perpanjangan waktu dengan skor akhir 5-2.

Tidak hanya itu, bulu tangkis juga memborong emas pada hari terakhir penyelenggaraan SEA Games 2023, Selasa, melalui ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma, ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana, dan tunggal putra Christian Adinata. 

Dukung Kemajuan Sepakbola Indonesia, PTFI Bagikan Sepatu ke 4 SSB di Gresik

Medali emas juga diraih oleh Randa Riandesta, di mana ia menjadi yang terbaik di kelas 79kg putra gaya bebas cabang olahraga gulat, dan Aero Sutan Aswar menymbang emas satu-satunya dari cabang olahraga jet ski.

Tambahan emas bagi Indonesia juga didapat dari regu voli pantai usai menundukkan Thailand di laga final, serta dua atlet kick boxing Diandra Ariesta Pieter di nomor Kick Light 54kg Putri dan Toni Hutapea di nomor Full Contact 54kg putri.

Selisih 1,15 Poin, Malaysia Berambisi Kejar Rangking FIFA Timnas Indonesia

Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan berada di peringkat ketiga, meraih total perolehan 276 medali. Berdasarkan data panitia SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC), kontingen Merah Putih mengumpulkan 86 emas, 81 perak dan 109 perunggu.

Adapun perbedaan perolehan medali tersebut dari data Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang mencatat Indonesia mengoleksi 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu. 

Halaman Selanjutnya
img_title