Wisata Hidden Gem Tengah Dikembangkan, Wisatawan Perlu Diedukasi

Destinasi wisata alam Batu Cangga di Pulau Gili Iyang
Sumber :
  • VIVA Jatim/Hady Mohammad

Jatim – Pemerintah kini tengah fokus mengembangkan destinasi wisata Hidden Gem atau wisata tersembunyi. Hal itu lantaran banyak wisatawan yang mulai meminati tempat-tempat wisata dengan nuansa alam yang masih asri dan tak banyak diubah.

H+4 Libur Lebaran, Jalur Wisata Trawas - Pacet Mojokerto Ramai Lancar

Wisata tersembunyi ini menjadi idaman banyak wisatawan juga karena mampu memberikan efek ketenangan dan ketentraman. Namun demikian, seringkali tempat wisata hidden gem menjadi rusak atau berubah bentuk dan suasananya setelah ramai dikunjungi para wisatawan.

Pemerintah saat ini tengah dalam upaya mengembangkan wisata-wisata hidden gem sebagai daya tarik baru bagi para wisatawan. Akan tetapi, diperlukan edukasi yang cukup kepada masyarakat untuk menghindari rusaknya kondisi alam akibat kurangnya kesadaran ketika mengunjungi tempat wisata.

Pj Gubernur Adhy Pastikan Kenyamanan Wisatawan di Jatim selama Libur Lebaran

"Harus edukasi kalau itu. Kami bersama Kemenkomarves ada program mengenai lingkungan ya. Jadi kita dengan lingkungan ini fokus ke sampah, kayak kita juga memastikan go green," ujar Maya Watono, Direktur Marketing and Consumer Experience PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), dalam konferensi pers #DiIndonesiaAja Travel Fair, di Jakarta, dikutip dari VIVA, Sabtu, 20 Mei 2023. 

Maya menjelaskan bahwa pemerintah tengah berupaya semaksimal mungkin mengembangkan potensi pariwisata domestik. Akan tetapi, tidak serta merta mengubah karakteristik dari tempat wisata itu sendiri.

Kece Trevel Pass Diburu Wisatawan, All You Can Trip Hampir Ludes

"Kita juga menjaga karakteristik itu makanya kita kan tidak mau mengubah, misalnya Borobudur itu kan heritage, karena basic-nya heritage ya kita tidak mau mengubah jadi sesuatu yang lain," terangnya.

Selain itu, edukasi kepada masyarakat soal menjaga lingkungan terutama di tempat-tempat wisata perlu digalakkan. Termasuk kelestarian di wisata alam hidden gem yang seringkali rusak akibat tidak disiplin membuang sampah atau sikap abai para wisatawan dalam menjaga keaslian tempat tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title