Gubernur Jatim Lepas 445 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya

Momen Gubernur Jatim Lepas 445 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas jamaah haji kloter pertama embarkasi Surabaya tahun 1444 Hijriah di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Rabu pagi tadi, 24 Mei 2023. 

2 Kloter Jemaah Haji NTT Tiba di Debarkasi Surabaya, 3 Wafat

Para jamaah pada kloter ini berasal dari Kabupaten Bangkalan dengan jumlah jamaah 445 orang dan jumlah petugas kloter 5 orang. Para jamaah terdiri atas 220 pria dan 225 perempuan. Sedangkan, para petugas terdiri dari 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Dari keseluruhan jamaah, jumlah jamaah usia 75 tahun ke atas berjumlah 28 orang. Jemaah tertua berusia 96 tahun atas nama Hasanah Lasan Punah dari Geger, Bangkalan, sedangkan jamaah termuda berusia 18 tahun atas nama Muhammad Zainul Waton dari Klampis, Bangkalan.

1 Anggota Jemaah Haji Jombang Wafat di Pesawat saat Pulang dari Tanah Suci

Untuk itu, gubernur yang akrab disapa Khofifah itu menekankan pentingnya perhatian ekstra atas jamaah lanjut usia. Terlebih dengan menjaga  kesehatan agar terhindar dari  varian Covid-19 MERS.

"Tadi saya komunikasi dengan dokter karena ada yang menurut saya perlu pendampingan. Saya juga koordinasikan dengan dr. Herlin, Dirut RSU Haji, agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar jemaah haji sehat mulai berangkat, saat beribadah dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Rabu, 24 Mei 2023.

Akhir Juli PDIP bakal Umumkan Penantang Khofifah di Pilgub Jatim

"Saya juga ingatkan untuk pemakaian masker, karena ada informasi dari Kementerian Kesehatan bahwa ada varian covid-19 MERS yang harus diwaspadai. Jadi penting untuk langkah-langkah preventif," tambah Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan, berbagai usaha sudah dimaksimalkan untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jamaah. Mengingat, berbagai pihak terlibat dan bersinergi.

Halaman Selanjutnya
img_title