Doa Bersama Ditengah Konflik Reklamasi, Kiai NU di Sumenep Serukan Maklumat Jaga Lingkungan

Kiai NU di Sumenep Serukan Maklumat Jaga Lingkungan dan Persaudaraan
Sumber :
  • Ibnu Abbas/ Viva Jatim

Jatim –Ribuan warga di Kabupaten Sumenep Jawa Timur melaksanakan istigasah bersama di Masjid Zainal Abidin, Kampung Tapakerbau, Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Sumenep, Jawa Timur, Sabtu, 27 Mei 2023. 

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Ribuan warga ini datang dari berbagai kecamatan di antaranya Kecamatan Gapura, Dungkek, Batu Putih, dan Batang-Batang serta Kalianget.

Mereka hadir ke desa Gersik Putih di Sumenep dalam rangka mengikuti istigasah Kubra sebagai bentuk dukungan terhadap warga Tapakerbau dalam menolak reklamasi laut untuk pembangunan tambak garam di kawasan Pantai Desa Gersik Putih.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

Diketahui, Istigasah dipimpin Ulama kharismatik KH. Thaifur Ali Wafa pengasuh Pondok Pesantren Assadad, Ambunten. Hadir dalam acara tersebut Rais Syuriah PC NU Sumenep KH Hafidzi Syarbini, Ketua PC NU Sumenep KH Panji Taufiq, KH Imam Hendriyadi,  dan sejumlah Kiai NU se Timur Daya diantaranya KH Fawaid Baidlowi, KH Ali Mukafi, KH. Hatim Al-Ashom, dan KH. Syarbini.

Usai istighasah, sejumlah kiai dan masyarakat yang hadir melakukan penandanganan ”Maklumat Takerbuy 2023” untuk Keselamatan dan Lingkungan oleh sejumlah Kiai. 

Patut Ditiru, Program CSR Perusahaan Properti Ini Berupa Perbaikan Jalan di Sumenep

”Istighasah dan doa bersama ini sangat berarti bagi kami khususnya warga Gersik Putih yang selama ini berjuang melindungi laut dari rencana reklamasi. Atas nama warga dan pengundang kami sampaikan terima kasih,” ujar K Sahe Yusuf.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan jemaah, Kiai Sahe menceritakan tiga bulan terakhir warga di Desanya tidak berhenti berjuang menolak rencana reklamasi. Bagi warga, 42 Hektar kawasan Pantai atau laut yang akan direklamasi untuk dibangun tambak garam sangat berarti, sebab merupakan sumber kehidupan.

Halaman Selanjutnya
img_title