Meski Transit, Naik KA Lokal Tulungagung-Malang Cukup 1 Tiket 

Suasana Stasiun Tulungagung KA arah Blitar-Malang.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Tepat 1 Juni 2023 Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) Kereta Api (KA) Lokal Penataran dan KA Lokal Dhoho bakal berubah menjadi Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho. Perubahan tersebut mengharuskan penumpang dari arah Tulungagung ke Malang, transit terlebih dahulu di Stasiun Blitar.

Polda Jatim Targetkan Nol Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Kereta Api

Wakil Kepala Stasiun Tulungagung, Supanca Ibandrianto menjelaskan bahwa per tanggal  1 Juni 2023, dulu KA Dhoho-Penataran, sekarang berganti nama untuk yang lintas Blitar sampai Surabaya via Kertosono Commuterline Dhoho. Lalu, sampai ke Malang menjadi Commuter Line Penataran.

"Disitu penumpang dengan harga yang sama 1 tiket, cuma harus transit di Blitar pindah rangkaian, pindah kereta. Jadi tidak 2 tiket  Cuma di Stasiun Blitar harus pindah kereta ke arah Malang," ungkap Supanca Ibandrianto kepada Viva Jatim, Rabu 31 Mei 2023.

Dua KA Terlambat di Stasiun Blitar Imbas Banjir di Semarang

Menurutnya, alasan dipisah kedua KA Lokal dalam rangka upaya membedakan penamaan kereta yang dahulu menjadi satu. Selain itu, untuk membedakan lalu lintas kereta dan mempermudah penumpang jika dari Surabaya ke Blitar KAI yang digunakan.

"Kalau dari Blitar ke Malang KA-nya namanya ini. Nyambung dari Commuter Line Dhoho ke Commuter Line. Supaya penumpang tahu relasinya ini, relasi Malang keretanya ini," paparnya.

Gegara Banjir di Daop 4 Semarang, 3 KA dari Daop 8 Surabaya Batal Berangkat

Pria asli Mojokerto ini mengaku fasilitas untuk yang dahulu dan sekarang sama. Sedangkan untuk kecepatan Commuter Line masih sama sesuai perjalanan dan tidak mengurangi sebelumnya.

Yang menjadi perbedaan, dikatakan Supanca di antaranya berupa penambahan jarak tempuh. Lantaran ada stasiun yang dulu tidak berhenti, sekarang kereta berhenti dan melayani pemberangkatan penumpang.

Halaman Selanjutnya
img_title