Secara Bertahap, Sebanyak 7.092 Jamaah Haji Didorong dari Madinah Bergeser ke Mekkah

Masjid al-Haram, Makkah
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sebanyak 7.092 jamaah haji secara bertahap didorong dari Madinah ke Mekkah untuk umroh. Hal itu dilakukan sejak kemari setelah melaksanakan ibadah Arbain.

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

“Hari ini, sebanyak 7.092  jemaah diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah untuk menjalani ibadah umrah,” terang Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Fauzin mengatakan, untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Mekkah, ada tiga hal yang sudah dipersiapkan panitia. Pertama, menyiapkan 108 hotel. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu: Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin. Kedua, menyiapkan layanan konsumsi. 

Tipu 10 Jamaah Umroh, Pria di Lamongan Dipolisikan

“Di Mekkah, jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari, berupa sarapan, makan siang, dan makan malam,” kata Fauzin, Jumat, 2 Juni 2023. 

Ketiga, sambung Fauzin, untuk mempermudah giat ibadah jemaah selama di Makkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang selama 24 jam. 

Arab Saudi Mulai Perketat Aturan Penggunaan Masker untuk Jemaah Haji

Dijelaskannya, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 02 Juni 2023, jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 57.385 orang atau 151 kelompok terbang. 

Kepada Jemaah khususnya Jemaah lanjut usia, Fauzin mengimbau untuk menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel dan masjid, dan istirahat yang cukup.  

Halaman Selanjutnya
img_title