Bupati Fauzi Ekspor 12 Makanan Tradisional Sumenep Ke Negeri Jiran, Dihasilkan dari UMKM

Bupati Fauzi Resmi Ekspor 12 Makanan Tradisional Sumenep Ke Malaysia
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melakukan test market produk lokal hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke Malaysia.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Diketahui, ada sekitar 12 jenis makanan tradisional asli Sumenep yang akan diekspor ke Negeri Jiran itu. Pelepasan perdana test market produk itu, dilakukan Bupati Achmad Fauzi di Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep pada Senin, 05 Mei 2023 tadi pagi.

Sebelumnya, kedua pihak telah melakukan penandatanganan Letter of Intens (LOI) antara pengelola Mall UMKM dengan Buyer Malaysia. 

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, pemasaran produk UMKM ke luar negeri diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

“Kami mengharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal dan berlanjut untuk menembus pasar internasional, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep,” kata Bupati di sela-sela pelepasan perdana test market produk ke Malaysia, di Kantor Bupati, Senin, 05 Mei 2023.

Tradisi Akhir Ramadan, Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Dimenangkan Ikan Seberat 13,1 Kg

Ketua DPC PDIP Sumenep itu mengatakan, para pelaku UMKM harus menjaga kualitas, bahkan meningkatkan mutu produk seperti rasa dan kemasan. Pasalnya, produk yang baik tentu saja memberikan kepuasan terhadap konsumen serta memiliki nilai jual yang tinggi. 

“Manakala, konsumen merasa cocok dengan produk itu, jelas meningkatkan kepercayaan pasar dan memiliki tingkat loyalitas yang tinggi untuk membelinya, sehingga ujung-ujungnya memberikan keuntungan kepada UMKM,” terang Bupati.

Halaman Selanjutnya
img_title