Lagi, Dua Lokasi Kabel Gardu PLN di Mojokerto Digasak Maling dalam Semalam

Kabel Gardu PLN di Mojokerto digasak maling
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, Viva Jatim - Pencurian kabel gardu PLN di Mojokerto kembali terjadi. Tindak kejahatan ini telah meresahkan masyarakat. Pasalnya, menyebabkan suplai aliran listrik terganggu. 

Penjualan Listrik PLN di Jatim Tumbuh 6,79 Persen pada Triwulan I 2024

Informasi yang dihimpun Vivajatim, kawanan pencurian berhasil menggasak kabel tembaga di 2 gardu sekaligus pada Senin, 19 Juni 2023. Salah satu gardu portal yang disasar pencuri terletak di Jalan Raya Desa Gemekan, sekitar 200 meter di sebelah selatan Mapolsek Sooko. Padahal, gardu distribusi bertegangan 20 KV ini di tepi jalur arteri Surabaya-Madiun.

Sebelumnya, hal serupa juga terjadi di gardu portal milik PLN di Desa Cendoro, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto pada 10 Juni 2023. Akibatnya, supalak listrik di 2 desa sempat padam. Yakni gardu portal milik PLN di Desa Cendoro, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto menyebabkan listrik di 2 desa sempat padam. Itu membuat masyarakat resah.

PT PLN Pastikan Pasokan Listrik PLTU Paiton Aman Selama Lebaran

Tim Leader Teknis PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mojokerto Ali Mustakim membenarkan, telah terjadi pencurian kabel di gardu portal Gemekan. Menurutnya, pelaku beraksi sekitar pukul 02.00 WIB. Kawanan maling mencuri 4 kabel NYY penghubung transformator distribusi dengan papan hubung bagi tegangan rendah (PHB TR).

"Perkiraan panjangnya 7-8 meter per kabel, ada 4 kabel yang dicuri. Dampaknya yang jelas pelanggan padam," katanya kepada wartawan, Senin, 19 Juni 2023. 

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Dihari yang sama, Kawanan pencuri juga beraksi di gardu portal Jalan Pahlawan, Kota Mojokerto. Para pelaku memotong kabel NYY penghubung transformator distribusi dengan PHB TR. Kabel berintikan tembaga itu memang terkenal mahal.

"Bisa jadi pelaku dua tim, atau kalau satu tim, (beraksinya) selisih satu jam," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title