Berikut Penyebab Kematian  Terbanyak Jamaah Haji Meninggal  202, Waspada!

Penanggungjawab Media KKHI Mekah
Sumber :
  • Viva

JatimPPIH Arab Saudi bidang kesehatan 2023 perhatikan tingginya jamaah haji Indonesia lanjut usia (lansia). Tahun ini jamaah lansia mencapai 66.943 orang dari total kuota regular sebesar 210.680 orang, atau mencapai 31,8 persen.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Hingga hari ke-25 penyelenggaraan ibadah haji, terdapat 42 dari 78 jemaah haji meninggal di Arab Saudi. Salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak jemaah haji Indonesia adalah penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko seperti usia dan penyakit komorbit. Hal ini disampaikan oleh penanggungjawab Medis KKHI Mekah dr. Muhaimin Munizu, Sp.JP

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

dr. Muhaimin menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki usia di atas 45 tahun pada laki-laki dan di atas 55 tahun pada wanita berisiko terkena penyakit jantung. Dari segi usia, fenomena peningkatan jumlah jemaah haji lansia tahun ini, menjadi peringatan pada pemantauan pelayanan kesehatan terutama terkait penyakit jantung. 

Faktor risiko kedua adalah penyakit komorbit seperti hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan kolesterol yang dapat menimbulkan risiko terkena penyakit jantung. Melalui Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH) diketahui banyak jemaah haji lansia Indonesia memiliki penyakit penyerta tersebut.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Lebih lanjut, dr. Muhaimin menyampaikan bahwa ditemukan juga jemaah haji yang sudah dalam terapi penyakit jantung koroner atau dengan gagal jantung. Oleh karenanya jemaah haji dengan riwayat penyakit jantung dan faktor risiko, menjadi prioritas bagi petugas kesehatan untuk dilakukan pemantauan terus menerus.

Selain faktor risiko, jemaah haji perlu mewaspadai faktor pencetus terjadinya gangguan akut pada jantung atau lebih dikenal dengan serangan jantung seperti aktifitas fisik yang melampaui kemampuan hingga menimbulkan kelelahan, istirahat yang kurang, dan ditambah dengan cuaca ekstrim.

Halaman Selanjutnya
img_title