Daftar Pemilih Alami Penyusutan Seribu Lebih, Ini Penjelasan KPU Tulungagung

Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi DPT Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimRapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum Tahun 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menunjukkan adanya perubahan data. Tercatat penyusutan data terdapat seribu lebih yang ganda.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Ketua KPU Tulungagung, Susanah mengungkapkan Rapat Rekapitulasi Penetapan Pleno Terbuka Penetapan DPT Pemilu 2024 di Tulungagung memilih hari pertama sesuai jadwal, karena pihaknya sudah siap. Jumlah DPT yang ditetapkan 858.807 pemilih yang terdiri dari jumlah pemilih laki-laki 427.303 dan pemilih perempuan sebanyak 431.504.

"Dibanding dengan sebelumnya jelas, justru ada penyusutan hampir seribu lebih, karena terkait dengan kegandaan dengan luar negeri," ungkap Susanah kepada awak media di Hotel Lojjika, Selasa, 20 Juni 2023.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Perempuan kelahiran 23 Agustus 1982 ini mengaku, KPU Tulungagung benar-benar konsentrasi dengan adanya kegandaan tersebut. Perihal data, ia mengaku akan berubah secara dinamis, namun mekanisme akan berubah pasca DPT kali ini telah di tetapkan.

"Jadi concern kita di DPT ini adalah menyisir dan mengeksekusi kegandaan nasional sehingga memang berkurang seribu lebih," paparnya.

Demokrat Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024

Alumnus STAIN Tulungagung pada tahun 2005 ini mengakui perubahan yang data dinamis, dengan waktu masih panjang perubahan pasti ada perubahan. Namun prosesnya masih aka diinformasikan lagi sesuai dengan tahapan telah didapatkan dari KPU-RI.

Perihal masukan saran, Susanah menjelaskan sejauh ini cuma saran. Lantaran, pihaknya sudah menanggapi dan menindaklanjuti masukan baik dari masing-masing parpol maupun dari  Panitia Pemilihan Kecamatan.

Halaman Selanjutnya
img_title