Kerja Sama dengan Jepang, Cara Kementan Perkuat SDM Pertanian Tanah Air

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, Viva Jatim-Dalam rangka memperkuat SDM Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) akan menyiapkan tenaga kerja pertanian milenial Tanah Air. Tenaga kerja ini direncanakan akan bekerja di Jepang. Mereka adalah yang sudah tersertifikasi sehingga siap bekerja di sana tahun ini.

Temui Petani di Lamongan, Mentan Dicurhati Gabah Murah Hingga Pupuk Langka

Guna mewujudkannya, Kementan bekerja sama dengan JA Hokkaido. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan. 

Dedi Nursyamsi juga mengatakan direncanakan yang akan disiapkan adalah mahasiswa punya jiwa wirausaha, kreatif dan inovatif untuk membangun sektor pertanian. 

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

“Petani yang seperti itu (memiliki jiwa wirausaha tinggi) yang akan mampu menggenjot produktivitas sehingga ke depan produk kita bertambah bahkan bisa diekspor dan diterima di pasar internasional,” kata Dedi kepada wartawan, Rabu 21 Juni 2023.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan, kehadiran anak muda harus memperkokoh harapan rakyat dan memperkuat kesiapan yang ada dalam menghadapi tantangan global. 

Bila Firli Bahuri Ditahan, Momentum Kembalikan Novel Baswedan Cs ke KPK

“Kita percaya bahwa di tangan anak muda masa depan bangsa akan lebih baik lagi. Yang penting mereka mau melakukannya. Kita berharap dengan pertanian Indonesia jadi lebih baik lagi karena selama ini terbukti menjadi bantalan ekonomi. Pertanian yang paling siap menghadapi tantangan-tantangan apapun hari ini, besok dan masa yang akan datang,” ujar Syahrul.

Director General Department of Agriuclture Hokkaido Government dalam sambutan mengaku senang ada pekerja dari Indonesia yang mau bekerja ke tempat mereka. Dia berharap ilmu yang didapat bisa dibawa dan diterapkan di Indonesia nantinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title