34 Varietas Durian Lokal Ikuti Kontes di Trenggalek

Foto Kontes Durian Lokal Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim - Musim durian menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi pencinta kuliner buah dengan kulit bergerigi ini. Ada sebanyak 34 varietas unggul durian lokal asli Trenggalek mengikuti kontes durian yang diikuti oleh petani maupun pemilik pohon.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Diketahui, kegiatan ini dipusatkan di Kampoeng MTS Agro Wisata Desa Karanganom Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Ir Didik Susanto, sebagai ajang menggali potensi durian lokal berkualitas unggul.

"Kontes ini untuk menggali potensi durian lokal kita, karena jumlahnya cukup banyak jenisnya. Tadi ada 34 yang ikut peserta sekaligus 34 varietas lokal yang masuk penjurian," ungkap Didik Susanto, Minggu, 25 Juni 2023.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Didik menjelaskan event ini sempat terhenti saat terjadi pandemi covid-19. Lalu, untuk tahun ini menurutnya berbeda dengan sebelumnya, karena musim agak landai. gegara tahun kemarin ada anomali iklim, sehingga tahun ini musim masih ada.

"Biasanya habis di bulan Juni. Puncaknya musim diadakan kontes durian," paparnya.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Dari penilaian tersebut akan mengerucut ke tiga terbaik. Varietas tergantung yang menamakan masing-masing durian. Ada menamakan nama yang menanam, bentuk durian, nama daerah, dan seterusnya memiliki ciri khas tersendiri.

"Kriteria dewa juri yang pasti rasanya. Kemudian aroma, warnanya, bermacam-macam ada sekitar 12 kriteria. Dewan juri yang memilih," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title