Penampakan Sapi Kurban Jokowi saat Melenggang di Atas Karpet Merah di Surabaya

Sapi kurban Jokowi melenggang di atas karpet merah di Masjid Al Akbar
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimMasjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, kembali menerima sapi kurban dari Presiden Jokowi pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Begitu sampai Masjid Al Akbar, Rabu, 27 Juni 2023, sapi kurban Jokowi dilenggangkan di atas karpet merah menuju kandang sementara.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Sapi kurban Jokowi tiba di halaman Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sekira pukul 10.00 WIB. Petugas lalu menurunkan sapi bongsor itu dari atas bak truk. Petugas terlihat susah payah mengeluarkan sapi tersebut, karena ukurannya yang besar. Sapi itu lantas diarahkan berjalan di atas karpet merah yang disediakan takmir masjid.

Karpet merah tersebut dihamparkan hingga ke dekat kandang sementara yang berada di halaman timur masjid. Selain sapi Jokowi, di sana juga ada beberapa sapi kurban dari sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim dan lainnya. Ada juga sapi dan kambing kurban dari masyarakat.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Kepala Hubungan Masyarakat Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, mengatakan, sapi kurban Jokowi dibeli dari peternak asal Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, bernama Bahrowi Yahya. Sapi tersebut berusia empat tahun dengan berat total 1,15 ton. "Sapinya sehat, badannya kekar," katanya.

Helmy menegaskan, sapi kurban Jokowi sudah melalui vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku serta Lumpy Skin Disease. Karena itu dia memastikan sapi jenis Limosin itu dalam keadaan sehat. "Mudah-mudahan berkah," tandasnya.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Helmy menuturkan, sejak menjadi presiden, Jokowi rutin menyalurkan sapi kurban melalui Masjid Nasional Al Akbar Surabaya setiap Idul Adha dan tahun ini adalah kurban kesembilan kali. Jokowi selalu membeli sapi dari peternak Jatim. "Insya Allah sapi ini disembelih H+1 [Idul Adya]," ujarnya.

Selain sapi dari Jokowi, Helmy mengatakan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya juga menerima sapi kurban dari sejumlah pejabat lainnya. Di antaranya dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seberat 1,10 ton. Sapi tersebut dibeli Khofifah dari Agus Supriyanto, peternak dari Desa Ngelung, Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Halaman Selanjutnya
img_title