Atraksi Sembur Api Warnai Malam Takbiran Idul Adha di Trenggalek

Suasana Takbir Keliling dengan atraksi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim-Peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H atau Hari Raya Kurban disambut gegap gempita di berbagai pelosok desa. Salah satunya di Dusun Krandon Desa Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek yang mengadakan Takbir Keliling dengan adanya atraksi sembur api.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Salah satu Relawan Takbir Keliling, Munawir Muslih mengungkapkan peserta yang melakukan atraksi tersebut adalah seusia Madrasah Aliyah. Atraksi bermodalkan api dari oncor dan minyak tanah di botol, lalu disemburkan di sepanjang sebanyak 12an anak.

"Dari belasan itu, mereka bergantian menyemburkan api. Paling banyak di perempatan atau pertigaan jalan yang dilalui rombongan," ungkap Munawir Muslih, Rabu, 28 Juni 2023.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Munawir mengaku, Takbir Keliling diinisiasi oleh Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al-Qur'an Thoriqul Huda RT 10 RW 02 Desa Kerjo Kecamatan Karangan. Iring-iringan dimulai sehabis Maghrib dan finish bertepatan waktu isya'.

Sementara, rute yang dilalui start mulai dari Madin dan TPQ Thoriqul Huda ke timur kurang lebih 1 KM. Di daerah Krajan lalu ke arah utara dan kembali ke barat tetapi lewat jalur berbeda. Sampai tembus ke perempatan Desa Kerjo paling utara, baru masuk ke timur.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Dari perempatan kerjo paling utara sendiri masih ke barat menuju jalan dan kembali ke lokasi Madin TPQ," bebernya.

Secara pribadi, pria pegiat media dan menggeluti bisnis percetakan ini mengaku cukup senang. Lantaran, kegiatan bertepatan dengan Hari Besar Islam. Menurutnya sudah selayaknya bagi Umat Islam sekaligus sebagai santri, harus merayakan.

Halaman Selanjutnya
img_title