Update Gempa Bumi Bantul 1 Juli 2023, 137 Bangunan Rusak

Bangunan rusak akibat gempa Bantul
Sumber :
  • Viva

Bantul, VIVA JatimGempa bumi yang mengguncang masyarakat wilayah Bantul, DI Yogyakarta pada Jum’at 30 Juni 2023, pukul 19.57 WIB, berkekuatan 6 SR dan berpusat 86 km arah barat daya Kabupaten Bantul.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Syamsurizal, mengatakan ada beberapa gempa bumi berdampak pada kerusakan bangunan, milik warga maupun pemerinta. Sampai saat ini, dilaporkan 137 bangunan mengalami kerusakan imbas gempa tersebut.

"Dari 137 bangunan, 106 diantaranya adalah rumah warga yang mengalami kerusakan dengan kategori 102 rumah rusak ringan dan 6 rumah rusak sedang," ujar Danang, Sabtu 1 Juli 2023.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

"Rumah rusak 106 unit terdiri 102 unit rusak ringan dan 4 unit rusak sedang. Fasilitas perkantoran ada 12 unit yang rusak dengan 11 unit kategori rusak ringan dan 1 unit rusak sedang," imbuh Danang. 

Selain itu ada pula kerusakan fasilitas ibadah. Yakni ada 5 unit dengan kategori rusak ringan. Danang membeberkan untuk kerusakan fasilitas usaha ada 3 unit dengan kategori rusak ringan, ada 2 unit fasilitas pendidikan kategori rusak ringan, 3 unit kandang ternak rusak dengan kategori 1 rusak ringan, 1 rusak sedang, dan 1 rusak berat. Kerusakan juga terjadi di 1 unit jaringan listrik, 1 tiang listrik, dan 2 kerusakan pada travo listrik.

Pengiriman Bantuan Korban Gempa ke Bawean Alami Kendala, Jokowi Diminta Turun Tangan

"Dampak kerusakan akibat gempa bumi di Kabupaten Sleman ada 3 bangunan yang terdiri dari 1 rumah warga, 1 fasilitas pendidikan dan 1 tempat usaha. Tiga bangunan ini berkategori rusak ringan," jelas Danang. 

Sementara untuk Kabupaten Kulon Progo, lanjut Danang, total ada 20 unit bangunan terdampak gempa. Dua puluh bangunan ini terdiri dari 16 rumah warga mengalami rusak ringan, 1 fasilitas kesehatan rusak ringan,1 kandang hewan rusak berat dan 2 unit travo listrik rusak ringan.

Halaman Selanjutnya
img_title