Ratusan Tukik Penyu dalam Pengawasan dan Perawatan di Pantai Taman Kili-kili Trenggalek

Anak penyu (tukik) dalam penangkaran
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA JatimPantai Taman Kili Kili merupakan tempat konservasi penyu yang ada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasinya di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Disana terdapat pusat konservasi penyu yang diawasi oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) untuk menghentikan masyarakat berburu telur penyu dan daging penyu. Mengingat Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi, karena beberapa spesies terancam punah.

Salah satu penggiat konservasi sekaligus angota Pokwasmas Pantai Taman Kili-kili, Jalim Manto menjelaskan sejak 2011 telah menangkarkan ribuan ekor tukik. Nelayan yang tergabung dalam kelompok pengawas masyarakat Pantai Taman Kili-kili juga  masih menyimpan beberapa ekor tukik. 

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Saat ini di kolam penangkaran tersisa sekitar 150 ekor tukik, berusia satu hingga dua minggu dalam masa pengawasan dan perawatan," ungkap Jalim Manto, diterima Viva Jatim, Minggu, 2 Juli 2023.

Ribuan tukik yang berhasil dilepasliarkan tersebut sebelumnya ditangkarkan selama musim reproduksi satwa laut itu yang berlangsung antara April sampai Oktober. Satu ekor penyu bisa bertelur mulai antara 90 sampai 120 biji.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Sebanyak itu, yang berhasil ditetaskan biasanya antara 95 persen hingga 100 persen tergantung cuaca," ujarnya.

Menurutnya, saat ini para nelayan sudah tidak lagi mencari terlur penyu seperti dahulu untuk dijual. Namun membuat kelompok pengawas masyarakat yang bertujuan untuk mengkonservasi penyu supaya tidak punah.

Halaman Selanjutnya
img_title