Kader PC PMII Surabaya Harap Keterlibatan Perempuan di Panggung Politik Kian Masif

Kader PC PMII Surabaya, Siska Dwi Purwanti
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Menjelang pemilu tahun 2024, Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Surabaya Siska Dwi Purwanti, turut menyoroti keterlibatan perempuan di panggung perpolitikan Indonesia.

Apa yang Terjadi Bila Cewek Minum Viagra Sebelum Bercinta?

Ia menilai, Aspirasi suara perempuan menjadi nilai yang sangat berharga karena dengan adanya suara perempuan menjadikan suatu kebijakan tidak timpang keberpihakan bagi salah satu gender saja.

“Jika kita melihat realita yang ada bias gender dalam perpolitikan masih kita temui sampai saat ini, stereotip peran domestik masih sangat melekat pada diri perempuan,” ujar Siska kepada VIVA Jatim pada Senin, 3 Juli 2023.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Dijelaskan Mahasiswa Unesa tersebut, realita yang ada bias gender dalam perpolitikan masih ditemui hingga saat ini, stereotip peran domestik masih sangat melekat pada diri perempuan.

Bahkan, lanjutnya, perempuan yang berkiprah di perpolitikan di angap tabu,karena merupakan ranah bermain untuk kaum laki-laki yang di anggap paling cocok di jadikan sebagai panutan atau pemimpin. 

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Siska mencatat, sesuai indeks kesetaraan gender PBB hanya 39,7 persen perempuan di dunia yang berhasil menduduki kursi parlemen, pun realitanya di Indonesia. Pada periode 2019-2024 per januari 2021 saja hanya terdapat 123 perempuan atau hanya 21,39p ersen  yang menduduki kursi parlemen.

“Dapat dikatakan menurut data keterwakilan perempuan di ranah politik,tidak memenuhi target sebesar 30 persen,” urainya.

Halaman Selanjutnya
img_title