Menjadi Jemaah Tertua, Kondisi Mbah Harun Dipastikan Tetap dalam Kondisi Sehat

dr. Rosidi Roslan Kepala KKP Surabaya
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Jemaah haji Indonesia saat ini sudah masuk dalam fase pemulangan dari tanah suci Makkah, setelah sebelumnya sudah melakukan semua rangkaian ibadah haji. Seperti diketahui, kelompok terbang (kloter) Surabaya (SUB) 06 kehadiran jemaah haji tertua dengan usia 119 tahun. 

Ansor Jatim Respons Polemik Warung Madura: Itu Konsep Nyata Ekonomi Kerakyatan

Dia adalah Harun Bin Senar atau yang biasa dipanggil Mbah Harun asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura

Menurut informasi dari dr. Rosidi Roslan Kepala KKP Surabaya, kondisi Mbah Harun saat ini dalam kondisi sehat. Ia mengaku kagum dengan kondisi kesehatan Mbah Harun mengingat usianya jauh diatas rata-rata orang Indonesia. 

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

"Sejak beliau masuk ke embarkasi, Mbah Harun itu kualitas kesehatannya bagus walaupun usia kadang-kadang kata orang membuat tidak sehat, ternyata tidak, karena kebiasaan dia," kata dr. Rosidi saat dikonfirmasi Viva Jatim, Selasa 4 Juli 2023. 

Keseharian Mbah Harun memang diketahui istiqamah ngaji Al Quran dan naik ontel ke pasar. Namun faktor lain yang membuat kesehatannya bagus yakni menjaga makanan yang tak berpengawet. 

Hindari Penipuan, Kemenag RI Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Tawaran Visa Haji Tanpa Antre di Medsos

"Dia makan makan yang bersifat natural. Sekarang kita lihat pemerikasaan kesehatannya, kondisinya cukup stabil," katanya. 

dr. Rosidi menuturkan, petugas jamaah haji di tahun 2023 ini memang memberikan atensi kepada lansia, khusunya Mbah Harun. Namun saat pelaksaan ibadah haji, Mbah Harun seringkali menolak bantuan dari petugas, karena merasa kondisinya masih kuat. 

Halaman Selanjutnya
img_title