Saling Tuding Panji Gumilang dan MUI Ihwal Tabayun Polemik Al Zaytun

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Polemik Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat kian memanas. Kini seteru antara Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, dengan Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI KH. Muhammad Cholil Nafis mulai menguap ke permukaan.

Kiranti, Minuman Herbal Khusus Wanita saat Haid ini Bisa Diminum Setiap Hari

Pasalnya, Panji Gumilang mengungkapkan kekesalannya terkait sikap MUI yang dinilai lancang menvonis dirinya sesat. Padahal, menurutnya, MUI belum melakukan tabayun atau klarifikasi terlebih dahulu. Justru tabayun itu dilakukan usai MUI menvonis dirinya sesat.

Panji Gumilang lantas menilai bahwa sikap yang ditunjukkan MUI tidak mencerminkan akhlak umat Islam yang seharusnya mengedepankan tabayun sebelum menvonis sesuatu. Hingga berakibat pada munculnya ragam spekulasi liar di luar.

Derita Palestina, MUI: Aksi Bantuan Lebih Dibutuhkan Ketimbang Seruan Boikot

“Majelis Ulama telah memvonis sebelum tabayun. Setelah divonis baru akan tabayun. Ini hal yang keluar dari akhlak Islam dan itu bukan kelakuan umat Muslim,” ungkap Panji Gumilang seperti dikutip dari VIVA, Rabu, 5 Juli 2023.

Secara tegas Panji Gumilang mengatakan kalau dirinya menolak MUI untuk ikut campur dalam kasus yang tengah menjeratnya. Hal ini karena Panji geram dengan MUI lantaran memberi fatwa sebelum ber-tabayun.

Perkuat Sinergi dengan Awak Media, NU Jatim Ajak Budayakan Tabayun 

“Syekh kemudian bertanya, adakah majelis ulama di sini, kalau ada, syekh tidak mau ikut acara ini,” ucapnya.

Terkait hal itu, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI KH. Muhammad Cholil Nafis mengungkap bahwa pihaknya sudah menyampaikan surat untuk berkunjung dan melakukan konfirmasi (tabayyun) ke Pesantren Al Zaytun.

Halaman Selanjutnya
img_title