Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sebut Sisi Lain Mengonsumsi Kopi

Ilustrasi Kopi
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim-Kopi menjadi minuman andalan bagi sebagian orang sebelum memulai aktivitas. Hal ini lantaran kopi disebut-sebut bisa meningkatkan mood lantaran kandungan kafein di dalamnya.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Hal tersebut disampaikan oleh dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dalam program Hidup Sehat TvOne, Jumat 30 Juni 2023.

"Memang minum kopi kewaspadaan kita meningkat kita rasanya start mulai kegiatan dan kopi kalau diliat dari kandungannya mengandung antioksidan buat tubuh baik. Kerja dari kafein memang jantung kita meningkat denyut dan tekanan darah kita jadi ready untuk bekerja," katanya.

Aneka Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Namun di satu sisi, konsumsi kopi diketahui dapat memberikan efek negatif lainnya. Terutama pada pasien dengan masalah lambung hingga masalah jantung.

“Kafein bisa meningkatkan asam lambung tidak dianjurkan apalagi kopi dengan tingkat keasaman tinggi bisa memproduksi asam lambung. Kopi itu membuat denyut nadi dan tekanan darah meningkat," katanya.

Komunitas Poro Kiai dan Rejo Semut Ireng Dukung Prabowo-Gibran, Dawuh Gus Dur Alasannya

Maka dari itu, pasien dengan masalah jantung tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi lantaran bisa menimbulkan irama jantung menjadi tidak teratur atau aritmia. 

"Pasien dengan hipertensi atau gangguan irama jantung tidak dianjurkan karena tekanan akan meningkat, dan bisa timbulkan aritmia. Tapi tergantung seberapa banyak kopi yang dikonsumsi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title