1 Anggota Jemaah Haji Asal Probolinggo Hilang di Makkah, Begini Ceritanya

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Tiga anggota jemaah haji asal Indonesia dikabarkan hilang saat melaksanakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. Satu orang dikabarkan telah ditemukan dan dirawat di rumah sakit setempat. Sementara dua orang masih dalam pencarian, salah satunya dari Probolinggo, Jawa Timur.

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Anggota jemaah haji yang hilang asal Probolinggo itu ialah Niron Sunar Suna (77 tahun) dari Probolinggi yang terbang melalui Embarkasi Surabaya, SUB 65. Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Husnul Maram, mengatakan, sampai sekarang Niron belum ditemukan dan masih dalam penyisiran.

"Tim kami yang ada di Saudi Arabia semuanya sudah menyisir, baik ke rumah sakit atau pun tenda, dan sebagainya, maupun di lokasi yang dekat dengan Mina," kata Husnul Maram di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo, Selasa, 11 Juli 2023.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Dia menjelaskan, hilangnya Niron bermula ketika bermula ketika KBIH yang diikuti Niron dan istrinya serta beberapa anggota jemaah haji lainnya berangkat dari tenda untuk melempar jumrah pada 29 Juni 2023, setelah Subuh. Padahal, jadwal melempar jumrah yaitu pada pukul 16.30 waktu setempat.

"Tetapi oleh KBIH mengambil [pelaksanaan melempar jumrah) awal, yakni bakda Subuh, sehingga oleh petugas sudah diketahui, tapi itu di luar jadwal. KBIH-nya mungkin menginginkan [lebih awal karena] dingin suasananya," ujar Maram.

Kabar Gembira! Jatim Dapat Tambahan Kouta Haji Hampir 4000 di 2024

Setelah melempar jumrah, rombongan kemudian balik ke Maktab di Mina. 

"Tenyata [Niron] enggak ada, akhirnya istrinya karena nangis-nangis melaporkan, akhirnya tim langsung bergerak dengan cepat mencari, menyisir dari lokasi yang ada di sana, di Mina di sekitar tenda, dan sebagainya," tandas Maram.

Halaman Selanjutnya
img_title