Kondisi Wilayah Banjir Lahar Dingin Lumajang Membaik, Sebagian Pengungsi Pulang

Gubernur Jatim Khofifah bersama pengungsi Lumajang
Sumber :
  • Antara

Luamajang, VIVA Jatim –Kondisi wilayah akibat banjir lahar dingin Semeru dan tanah longsor di wilayah selatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mulai membaik. Kini, sebagian pengungsi mulai pulang ke rumah masing-masing.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Meski begitu, mereka diminta tetap waspada karena potensi banjir lahar susulan tetap ada.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Nugraha Yudha M, menjelaskan bahwa alasan utama masyarakat untuk kembali ke rumah mereka adalah karena kondisi wilayah yang sudah berangsur membaik setelah terkena banjir lahar dingin Semeru.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Dalam proses kepulangan tersebut, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lumajang memberikan bantuan dan fasilitas.

“Hari ini, kita bantu warga yang akan pulang ke rumahnya masing-masing. Kita menggunakan satu armada elf dan dua armada dari Satpol Pol PP, termasuk satu truk dan satu mobil patroli, serta satu truk milik bagian umum,” jelas Yudha, Kamis 13 Juli 2023.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Ia juga menambahkan bahwa proses pemulangan warga dilakukan secara bertahap. Saat ini, sebagian pengungsi masih berada di posko pengungsian di Balai Desa Jarit dan Balai Desa Sumberejo, Kecamatan Candipuro. Mayoritas pengungsi berasal dari Desa Jugosari dan Sumber Kajar.

Sementara itu, di Desa Nguter, banyak pengungsi yang telah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan rumah mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title