Alasan Sandiaga Uno Bertekad Koneksikan Wisata Religi di Jombang

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Viva.co.id

Jombang, VIVA Jatim – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno bertekad ingin menginterkoneksikan wisata religi di 4 Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Wisata religi itu meliputi 4 makam Tokoh Nasional.

Menengok Kemegahan Masjid Agung Darussalam Mojokerto yang Kini Berusia 131 Tahun

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut bahwa terkoneksinya wisata religi di Jombang itu tentu untuk terciptanya lapangan kerja. Sehingga diharapkan dari pengkoneksian tersebut dapat menyerap jutaan tenaga kerja.

Hal itu disampaikan Sandi, sapaan lekatnya saat mengunjungi dua makam Tokoh Nasional, yakni KH Bisri Syansuri dan KH Wahab Chasbullah di Kabupaten Jombang.

PPP Tak Lolos Parlemen, PDIP Jatim Respon Begini!

"Dan saya dititipkan rencana yang luar biasa. Untuk menghubungkan makam-makam pahlawan kita ini, untuk wisata religi. Yang nantinya akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga, dikutip dari VIVA, Selasa, 18 Juli 2023.

Sandi menambahkan bahwa Tokoh Nasional yang ada di Kabupaten Jombang itu memiliki akar sejarah yang kuat dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mereka semua berasal dari kalangan santri dan para kiai. Karena itu wisata religi nantinya akan dibiayai oleh APBD dan APBN.

Tak Lolos Senayan, PPP Tegas Tolak Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

"Difasilitasi Pemkab, dan pemerintah pusat. Jadi nanti ada APBD dan non APBD nya. Sedang kami akan kembangkan. Karena baru tadi kami menerima usulan dari Sekda dan Ibu Bupati, ini kami harap bisa diwujudkan," ujar Sandi. 

Sandiaga menyebut wisata religi merupakan masa depan dari ribuan santri di Jombang. Namun potensi ini belum terfasilitasi secara maksimal.

Halaman Selanjutnya
img_title