Kapolda Jatim Janji Tindak Tegas Gerombolan Pesilat yang Berbuat Onar Saat Suroan

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto saat memberikan keterangan pers
Sumber :
  • Mokhammad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur Irjen Toni Harmanto mengancam bakal menindak tegas perguruan silat yang melanggar hukum saat merayakan malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriyah yang jatuh pada Rabu 18 Juli 2023, malam nanti.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

Menurut Toni, sejumlah perguran silat di wilayanya telah bersepakat dan berkomitmen akan merayakan pergantian tahun baru Islam dengan tertib dan aman.

"Komitmen yang dibangun agar dipatuhi, kepolisian akan tegas melakukan penegakan hukum kalau memang langkah-langkah yang pernah kita sepakati dan (pelanggaran-pelanggaran hukum) ini masih juga dilakukan akan kita tindak tegas kepada mereka yang berbuat keonaran, membuat keributan di tengah masyarakat," tegas Toni saat memberikan keterangan pers di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya.

Hasil Pantauan BMKG, Idul Fitri 1445 H Jatuh pada Rabu Besok

Ia berharap, momen pergantian Tahun Baru Hijriyah dapat berjalan lancar. Untuk memastikan hal itu, pihaknya pun mengerahkan 1.300 petugas kepolisian yang disebar ke sejumlah pos-pos pengamanan. Terutama titik-titik konsentrasi massa, seperti di area makam keramat dan tempat sakral lainnya.

Ribuan personel kepolisian itu Toni bilang, akan bergabung dengan sejumlah prajurit TNI maupun petugas dari instansi samping yang sudah disiapkan untuk membantu menjaga kondusivitas saat malam Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriyah.

16 Ribu Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Jawa Timur

"Makanya kita himbau, sampaikan kepada mereka, penegakan hukum yang tegas akan kita berikan kepada mereka yang berbuat keributan," tutupnya.

Laporan: Mokhamad Dofir