Menguak Pemicu Tabrakan Dahsyat KA Brantas Vs Truk di Semarang

Kereta api Jakarta-Blitar tabrak truk hingga terbakar di Semarang.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang, VIVA JatimKereta Api (KA) Brantas menabrak truk trailer yang berhenti tepat di tengah-tengah rel. Kecelakaan mengerikan tersebut terjadi di jalur perlintasan rel kereta api di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Titik Balik Edukasi Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta di Tulungagung

Truk trailer tersebut, menurut keterangan polisi, diduga mogok sehingga berhenti di tengah rel. Dugaan itulah yang memicu kecelakaan berujung tabrakan keras KA Brantas.

Dilansir dari VIVA, Rabu, 19 Juli 2023, imbas tabrakan mengerikan itu, bodi truk menghantam besi jembatan Banjir Kanal Barat Semarang. Pun, hantaman keras itu juga membuat truk meledak dan kobaran api berkobar membubung tiggi di tengah jembatan.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, truk diduga mogok saat melintas rel. Saat truk mogok, sopir dan kernet turun dan berupaya minta tolong kepada petugas palang.

"Informasi awal, jadi truk tronton ini tadi tiba-mogok di atas rel kereta api. Sopir dan  kernet sudah turun dan sudah berupaya minta tolong kepada petugas palang kereta yang ada di sini," kata Irwan Anwar, Selasa, 18 Juli 2023.

Aksi Polisi Bantu Dorong Bajaj Pemudik Asal Jakarta yang Mogok di Mojokerto

Namun, dia mengatakan sopir dan kernet tidak sempat menyelamatkan kendaraan truk lantaran kereta yang melaju sudah keburu mendekat. Sopir dan kernet keluar dan meninggalkan truk tepat di tengah-tengah rel kereta api.

"Sehingga kemudian terjadi kecelakaan tersebut," jelas Irwan.

Halaman Selanjutnya
img_title