Resep Zaidul Akbar Turunkan Gula Darah Pasien Diabetes

Buah pare
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Pendakwah yang juga ahli herbal kenamaan dr. Zaidul Akbar mengungkap bahwa terkait gula darah, penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa yang menyebabkan gula darah mengalami kenaikan.  

Kolesterol Tinggi Usai Lebaran, Simak Tips dan Saran dr Zaidul Akbar Ini

Menurutnya, makanan atau minuman tertentu, memang bisa menyebabkan gula darah naik. Contohnya gula pasir, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan gula darah. Namun bukan hanya itu saja, ada bentuk lain dari gula pasir yakni karbohidrat simpleks dari tepung.

"Tepung bukan seperti gula pasir tapi tepung karbohidrat yang lama-lama ketika orang rutin konsumsi tepung-tepungan itu juga sama, lama-lama tubuhnya alami kenaikan gula. Jadi sumber-sumber yang berpotensi menaikkan gula darah itu di stop diganti dengan sumber yang sehat," katanya mengutip tayangan YouTube.

Resep Tenang Berbuka Puasa Rekomendasi Dokter Zaidul Akbar saat Puasa Ramadan

Diungkap beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat dengan mengganti makanan yang dikonsumsi dengan sumber yang sehat adalah dengan memilih nasi.  

"Contoh biasanya makan nasi putih itu masalahnya bukan di indeks glikemi yang tinggi gara-gara pupuk ureanya tapi jadi masalah mineral dan seratnya hilang. Jadi bisa mulai diganti dengan beras merah, beras coklat jadi jangan tinggalkan karbohidratnya. Tetap makan tapi dalam jumlah yang terkontrol," jelasnya.

Jenis Rempah Ini Ampuh untuk Hilangkan Plak Dalam Pembuluh Darah

Kedua, kata dia banyak pilihan memperbaiki atau mengendalikan gula darah. Salah satunya kayu manis. Dijelaskannya kayu manis sangat bagus untuk mengendalikan gula darah termasuk juga temulawak.

"Ditambahkan dengan pare iya pahit. Temulawak, kunyit juga pahit tapi baik sekali untuk memperbaiki sensitivitas dari insulin dan juga pankreas. Mudah sebenarnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title