Dampingi Tata Kelola BUMDes, Cara Forum MMS Sumenep Ciptakan Sistem Pemerintahan Kolaboratif

Penandatangan pakta integritas antar pemangku kebijakan
Sumber :
  • Ibnu Abbas/ Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim-Forum Masyarakat Madani Sumenep (MMS) menggelar Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di Gedung Islamic Center, Batuan, Sumenep, Minggu, 30 Juli 2023. 

Telan Anggaran Rp 37,5 Miliar, Islamic Center Jadi Gresik Universal Science

Diketahui, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam pembangunan serta tata kelola pemerintahan yang kolaboratif, transparan dan akuntabel di Kabupaten Sumenep. Forum MMS terdiri dari sejumlah organisasi kemasyarakatan. 

Diantaranya Lakpesdam NU, PC Fatayat NU, PC GP Ansor, NU Care-LAZISNU, LTN NU, PC Muslimat NU, BPM Annuqayah, Perempuan Kobher, Universitas Wiraraja, STKIP PGRI Sumenep dan  Kanal News. 

Duh! Dua Pelajar SMA Kepergok Ciuman di Pojok Masjid

Ketua Panitia Penyelenggara, Yusnaniyah mengatakan penyelenggaraan Festival OMS ini bertujuan memberikan dukungan yang lebih kuat terhadap kolaborasi OMS dengan pemangku kepentingan kunci di Kabupaten Sumenep dalam mendukung proses pembangunan daerah yang berkelanjutan, inklusif, dan partisipatif.

"Dalam hal ini Pemda Sumenep, Bakesbangpol, OPD terkait tematik, akademisi, sektor swasta, media, dan pemangku kepentingan lainnya," ujarnya. 

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Karena itu, Festival Inovasi OMS ini menargetkan terciptanya jejaring dan kerjasama yang kuat antara OMS lokal di Sumenep melalui Forum MMS. Kemudian terjalin kesamaan persepsi terkait posisi dan peran OMS tersebut. 

"Selain itu, juga sharing penguatan kapasitas OMS dan penguatan kerja advokasi tematik BUMDES melalui Forum MMS. Serta menguatnya kesadaran publik tentang isu OMS di kabupaten," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title