Telan Anggaran Rp 37,5 Miliar, Islamic Center Jadi Gresik Universal Science

Satu dari tga tower Islamic Center yang sudah berdiri kokoh.
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim –Tiga tower Islamic Center yang ada di Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik sudah berdiri kokoh, namun hanya satu tower yang terlihat sudah terbangun dengan baik, meski masih tampak ada perbaikan untuk merapikan.

331 Fasum di Pulau Bawean yang Rusak akibat Gempa Tuban Mulai Diperbaiki

Pembangunan Islamic Center dimulai sejak 2019 lalu menelan anggaran sebesar Rp 37,5 miliar. Jumlah tersebut termasuk anggaran 2023 yang merampungkan satu tower masjid sebesar Rp 7,5 miliar. Lalu, ditahun 2024 pembangunan dianggarkan sebesar Rp 10-13 miliar untuk satu tower.

Satu tower yang sudah bagus tersebut di bangun pada 2023 lalu. Di tahun 2024 ini pembangunan akan kembali dilanjutkan untuk tower kedua. Kemudian, setelah selesai semua, Islamic Center ke depan tidak hanya bangunan masjid. Melainkan untuk gedung Gresik Universal Science (GUS).

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP) Ida Lailatus Sadiyah mengatakan satu tower Islamic Center sudah selesai tahun 2023 kemarin, begitu juga dengan jalan akses masuk yang sudah terpaving.

“Tahun 2023 satu tower untuk masjid sudah selesai. Begitupun dengan akses jalannya juga sudah dikerjakan,” jelasnya, Rabu, 9 Januari 2024.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

Selanjutnya, pembangunan tower kedua 2024 akan difungsikan untuk art science dan perpustakaan. Untuk anggarannya, pemkab Gresik telah menyiapkan sekitar Rp 10-13 miliar. 

"Pekerjaan akan menyasar fasade atau wajah tower dan interior tower. Selain itu pagar pembatas juga akan dikerjakan di tahun depan. Finishing tahun depan termasuk penataan taman,” kata Ida Lailatus Sadiyah.

Halaman Selanjutnya
img_title