Begini Cara Pakar Pendidikan Bijak Memilih Sekolah Negeri atau Keislaman

Siswi sekolah dasar saat jam istirahat
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimPendidikan kian mengalami perubahan secara signifikan seiring perkembangan zaman. Mulai dari kurikulum hingga kuantitas peserta didik. Di tengah dinamisnya arus informasi, minat peserta didik menjadi atensi yang harus diupayakan oleh setiap lembaga pendidikan agar tidak mengalami degradasi. 

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tulungagung. Dari 48 lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan, hanya 8 yang memenuhi jumlah pagu yang tersedia. Berbanding terbalik di lembaga pendidikan keislaman yang justru banyak diminati.

Salah satu Pakar Pendidikan sekaligus Dosen UIN Satu Tulungagung, Nur Isroatul Khusna mengungkapkan bahwa pendidikan harus beradaptasi sendiri. Perubahan merupakan suatu hal yang bisa disikapi dengan cepat. Karenanya perlu disikapi dengan bijak. 

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Menurut saya itu yang pertama, termasuk yang kedua, jalur masuk sekolah yang begitu ribet dan apa-apanya kurikulum yang berubah-ubah," ujar Nur Isroatul Khusna, Senin, 31 Juli 2023.

Ibu dua anak ini mengaku buah hatinya sekokah di negeri dan satunya di lembaga keislaman. Alasan di lembaga keislaman, ia memandang lembaga tersebut lebih siap dalam merespon perubahan kurikulum.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

Alasan kedua, memang karena kesibukan orang tua dan menganggap sekarang karakter sangat penting. Penerapan Kurikulum 2013 masih belum maksimal, kita sudah dituntut menggantinya dengan Kurikulum Merdeka P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Khusna menerangkan dalam penerapan karakter-karakter siswa tentang agama itu sangat penting. Sehingga orang tua berharap mereka mampu mendapatkan itu di lembaga-lembaga yang berbasis keagamaan.

Halaman Selanjutnya
img_title