Arumi Bachsin Sebut Pernikahan Usia Dini Langgengkan Kemiskinan Turun Temurun

Workshop Pencegahan Perkawinan Anak TP PKK Jawa Timur
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Tingginya angka pernikahan anak di beberapa wilayah di Jawa Timur menjadi atensi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Timur. Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin menyebut pernikahan anak menimbulkan masalah baru, salah satunya dari kemiskinan turun temurun.  

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Hal itu disampaikan Arumi usai membuka Workshop Pencegahan Perkawinan Anak (Cepak) Bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota di Gedung Bhawarasa Pendopo Kabupaten Trenggalek.

"Ketika sudah punya anak perempuan lalu segera dinikahkan, memang meringankan karena ikut suami. Tapi justru membuat kemiskinan yang turun temurun," ungkap Arumi Bachsin kepada awak media, Selasa, 1 Juli 2023.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Arumi menjelaskan, perlu adanya langkah-langkah edukasi di semua elemen masyarakat, mulai dari tokoh agama, orang tua, serta anak. Ia mendorong semua pihak harus sadar bahwa kebijakan ini tidak selamanya powerful. Karena masyarakat terkadang butuh edukasi, perlu sentuhan keibuan bagaimana anak-anak butuh panutan yang harus ditiru dan digugu.

Istri Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak ini mengaku, dalam praktiknya sosialisasi mengenai perkawinan anak sendiri sangat kompleks. Perkawinan anak tidak hanya berhadapan dengan keluarga inti, namun keluarga besar. Kemudian juga bersentuhan budaya, banyak yang  bilang perkawinan anak ada privasi keluarga.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Pemerintah dianggap tidak perlu masuk ke urusan-urusan pribadi. Mereka tidak melihat satu kasus dan kasus lainnya," ulasnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Novita Hardini mengucapkan terima kasih atas atensi dari PKK Jawa Timur yang memilih Kabupaten Trenggalek sebagai tempat workshop. Ia menceritakan best parctice yang telah dilakukan Trenggalek telah dilakukan dalam rangka mencegah perkawinan anak di Trenggalek.

Halaman Selanjutnya
img_title