Tulungagung Punya Aset Pohon Sonokeling Tepi Jalan Senilai Rp1 Miliar

Petugas menginventarisir Pohon Sonokeling
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim – Pepohonan di tepi jalan Kabupaten Tulungagung milik pemerintah daerah bernilai ekonomis. Salah satunya yang dilindungi yaitu Pohon Sonokeling sebanyak 80-an batang dengan estimasi harga Rp1 miliar lebih.

Hari Bumi 2024, PLN Jatim Bersama DLH Surabaya Tanam 400 Bambu di TPA Benowo

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Reni Fatmawati mengungkapkan rasa syukur, lantaran pohon tepi jalan sudah masuk ke aset Pemkab Tulungagung. Termasuk sudah dinilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) penghitungan kalkulasi nominal harga.

"Ini (Sonokeling) sudah menjadi aset. Jadi sudah aman kalau ada pencurian, berarti sudah boleh untuk melaporkan dan menindaklanjuti. Nilainya berapa M begitu, saya lupa, sekitar Rp 1 miliaran," ungkap Reni Fatmawati di Hutan Kota, Kamis, 3 Agustus 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ia mengaku, dengan sukses 'Launching Sistem Inventarisasi Pohon Tepi Jalan (Sista Polan)' dan Pembentukan Tim Pelestarian dan Perlindungan Pohon Tepi Jalan, pihaknya berharap pepohonan semakin terinventarisir denga baik,terjaga dan terhindar pencurian.

Reni menyebutkan kondisi Pohon Sonokeling saat ini sudah berukuran besar banyak di tepi jalan. Jumlah yang sudah terdata di DLH Tulungagung ada sebanyak 88 Pohon Sonokeling. Tersebar di beberapa wilayah se-Tulungagung, mulai Ngunut hingga Kecamatan Kauman.

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Dengan adanya 'Sista Polan' pihaknya akan lebih mudah mendapatkan aduan dari masyarakat sekaligus menginventarisir pepohonan. Petugas sebelumnya menemukan di wilayah Kecamatan Kauman ada Pohon Sonokeling dengan lingkar pohon atau berdiameter 2,2 sampai 3,2 meter.

"Iya tingkat kerawanan tinggi. Kalau orang yang main kayu (pelaku pencurian kayu) sudah membuat titik ini ini," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title