Lukas Enembe Sering Kencing di Celana, Puluhan Tahanan KPK Mengeluh

Gubernur Papua Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimGubernur Nonaktif Papua Lukas Enembe, Lukas Enembe ternyata memiliki kebiasaan jorok selama berada di rumah tahanan. Ia seringkali kencing di celana dan tempat tidurnya. Hal itu lantas membuat puluhan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lainnya tidak nyaman.

Eks Bupati Probolinggo akan Jalani Sidang TPPU, Kemenkumham Jatim Dukung Upaya KPK

Atas ketidaknyamanan tersebut, 20 tahanan yang mendekam di rutan KPK menyatakan keluhan tersebut melalui surat. Hal demikian ditegaskan Pengacara Hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, Jumat, 4 Agustus 2023.

"Dalam surat yang ditandatangani John Irfan, tahanan Rutan dan 19 tahanan rutan lainnya, menuliskan bahwa Bapak Lukas Enembe selama enam bulan di rutan, selalu kencing di celana dan di tempat tidur," ujar Petrus dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari VIVA, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Alasan Sakit, Gus Muhdlor Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Selanjutnya, Petrus menjelaskan bahwa Lukas Enembe tidak pernah membersihkan diri ketika selesai buang air besar. John Irfan selaku penulis surat kepada Petrus mengatakan bahwa Lukas buang air kecil di kursi yang berada di ruangan bersama tahanan.

"Kencing di celana di kursi di ruang bersama, meludah ke lantai ataupun di tempat-tempat lain di mana dia berada, tidak pernah membersihkan diri setelah buang air besar, dan tidur di atas kasur yang sudah berbau pesing, oleh karena kasur tersebut tidak diganti," kata dia.

Terseret Korupsi Sidoarjo, Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK?

Lebih lanjut, Petrus mengatakan surat itu dituliskan bahwa para tahanan rutan KPK tidak tahan lagi atas perilaku Lukas Enembe. Bahkan, petugas Rutan KPK juga tak melakukan perawatan khusus untuknya.

"Kami, para tahanan dengan kesibukan dan beban pikiran kami masing-masing, sudah tidak mungkin untuk menyelesaikan hal-hal di atas," kata Petrus menyampaikan isi keluhan para tahanan.

Halaman Selanjutnya
img_title