'Wayahe Prabowo' Bergema di Jatim, Ini Kata Pengamat Politik

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Sejumlah billboard ‘Wayahe Prabowo’ bertebaran di Jawa Timur (Jatim). Adanya billboard Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo dinilai oleh Pengamat Politik

Gerindra Jember Resmi Rekomendasikan Gus Fawait untuk Maju di Pilkada 2024

Salah satunya Pengamat Politik Universitas Brawijaya, Anang Sujoko mengatakan hal itu mengokohkan Prabowo semakin diterima di basis-basis yang dahulu memilih Presiden Jokowi.

Selain itu, menurut Anang, kuat dugaan, bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra tersebut diyakini bisa mengambil suara mayoritas warga yang ada di Jatim. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

“Kita bisa lihat sebagai sebuah media komunikasi, yang pertama menginformasikan bahwa Prabowo itu didukung oleh Jokowi atau sebaliknya Jokowi mendukung Prabowo,” kata Anang dikutip Sabtu, 12 Agustus 2023.

Prabowo memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi. Prabowo kerap menemani Presiden Jokowi di berbagai kunjungan kenegaraan. Kedekatan yang terlihat di antara keduanya ditenggarai menunjukkan adanya sinyal dukungan yang kuat dari Presiden Jokowi. 

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Prabowo sering diajak oleh Presiden Jokowi menemui rakyat langsung. Hal itu seolah memberikan sinyal kepada masyarakat Indonesia jika pemimpin Indonesia berikutnya juga dekat ke masyarakat.  Kedekatan antara Presiden Jokowi dan Prabowo berimbas langsung kepada tingkat elektabilitas Ketua Umum Gerindra tersebut. 

Berdasarkan hasil survei lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo berhasil mendapatkan total suara sebesar 36,8 persen, diikuti Ganjar Pranowo dengan 35,7 persen dan Anies Baswedan yang meraih suara sebesar 21,5 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title