Beredar Surat PBNU Berhentikan Gus Salam dari Wakil Ketua PWNU Jatim

KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam Wakil Ketua PWNU Jatim.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sebuah kabar beredar di lingkungan NU yang menyebutkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberhentikan KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dari jabatan Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur. Gus Salam mengaku tahu soal itu namun belum menerima surat resmi dari PBNU.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

Berdasarkan surat berbentuk PDF yang diperoleh VIVA Jatim, surat berkop PBNU dengan nomor 831/PB.03/A.I.03.44/99/08/23 itu berperihal pemberitahuan hasil rapat harian syuriah dan tanfidziyah PBNU. Surat bertarikh 8 Agustus 2023, ditandatangani oleh Abdullah Latopada selaku Ketua PBNU dan Faisal Saimina selaku Wakil Sekretaris Jenderal PBNU.

Dalam surat dijelaskan bahwa keputusan itu berdasarkan hasil rapat harian syuriah dan tanfidziyah PBNU terkait dugaan perbuatan melawan hukum, berkaitan dengan gugatan yang menyasar PBNU soal penunjukan ketua dan struktur kepengurusan PCNU Jombang. Nah, nama Gus Salam termasuk salah satu yang menggugat PBNU.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

“Bahwa di antara para penggugat terdapat pejabat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur atas nama Abd. Salam (atau KH Abdus Salam Shohib) dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Mojoagung atas nama Sugianto,” bunyi surat itu pada poin pertama.

Atas tindakan itu, Gus Salam dinilai PBNU melanggar Pasal 71 ARTNU dan Pasal 6 Peraturan Perkumpulan NU Nomor 13 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pergantian Pengurus Antar Waktu dan Pelimpahan Fungsi Jabatan.

Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunung Kidul Mengaku Telepon Allah, PBNU: Tukang Sihir!

“Salah satu keputusan Rapat Harian Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama adalah memberhentikan pejabat pengurus dimaksud (Gus Salam dan Sugianto) sesuai peraturan yang berlaku pada perkumpulan Nahdlatul Ulama,” tulis surat itu pada poin ketiga.

Dikonfirmasi soal itu, Gus Salam mengaku sudah menerima salinan surat tersebut berbentuk PDF. Namun, sampai sekarang pihaknya belum menerima surat resmi dari PBNU terkait keputusan pemberhentian dirinya dari jabatan Wakil Ketua PWNU Jatim

Halaman Selanjutnya
img_title