Puluhan Siswa dan Masyarakat Gelar Upacara HUT ke-78 RI di TPA Sampah Jombang

Siswa dan masyarakat menggelar upacara bendera di TPA Banjardowo
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim –Sejumlah siswa dan masyarakat menggelar upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Banjardowo Jombang

Ulat Bulu Serang Sekolah di Mojokerto, Sejumlah Siswa Alami Gatal-gatal

Dalam upacara yang dilaksanakan pada Kamis, 17 Agustus 2023 ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum bertindak sebagai inspektur upacara. Para siswa yang mengikuti nampak mengenakan seragam putih biru dan pramuka lengkap dengan atributnya. 

Tak hanya siswa, upacara ini juga diikuti oleh sekelompok penggiat lingkungan. Mereka berdiri tegak di tengah tumpukan sampah serta tersorot terik sinar matahari. 

Mencegah Pencemaran Air Bersih akibat Ulah Tangan Manusia

Kendati berdiri didekat sampah yang menyengat baunya, tak menyurutkan niat mereka tetap sigap dan khidmat mengikuti serangkaian prosesi upacara. Mereka bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya saat melakukan penghormatan bendara Merah Putih yang sudah dikibarkan di tiang bendara. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum mengatakan, upacara bendera di TPA ini bukan tanpa tujuan. Ia menyatakan, ini menjadi salah satu upaya edukasi terhadap masyarakat Kabupaten Jombang mengenai sampah, terutama sampah plastik. 

Agroforestri Sukorejo Komitmen Bersama Pulihkan Lahan Guna Tingkatkan Perekonomian

"Kita lakukan di TPA ini untuk menyampaikan pesan terhadap masyarakat Kabupaten Jombang untuk mengurangi sampah plastik," 

Ia berharap, Jombang bisa merdeka dari sampah plastik sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Jombang nomor 56 tahun 2022 tentang pembatasan penggunaan kantong plastik, sterofoam dan sedotan. 

Halaman Selanjutnya
img_title