Selamat! Anwar Sadad Diwisuda sebagai Doktor Ilmu Politik Islam di UINSA

Anwar Sadad saat berfoto setelah mendapatkan Ijazah
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimWakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad mengikuti prosesi wisuda setelah menyelesaikan program pendidikan S3 di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) pada Jumat, 18 Agustus 2023. 

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Raut semringah nampak jelas di wajah mantan aktivis PMII ini, prosesi wisudanya pun disambut gembira oleh keluarga dan rekan karibnya di partai politik dan DPRD Jatim. 

Anwaer Sadad resmi mendapat gelar Doktor Ilmu Politik Islam setelah ia mempresentasikan disertasinya yang berjudul Genealogi Politik Islam Indonesia (Telaah Produk Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Perspektif Maqasid As-Shariah) di hadapan para penguji dalam sidang terbuka yang digelar di gedung Auditorium UIN Sunan Ampel, Senin, 12 Juni 2023 lalu. 

Ribuan CJH Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Sebagai Ketua Gerindra Jatim, Sadad mengaku banyak mendapat pelajaran penting soal politik kepemerintahan dari para guru besar UIN Sunan Ampel. Hal tersebut, diperkuat dengan diskusi kritis diantara mahasiswa sehingga analisisnya semakin tajam karena terbiasa terasah dengan perang argumen akademik. 

"Sebagai politikus, yang bergelut dengan policy-making, tentu basis pemikiran akademik akan sangat memperkuat setiap kebijakan yang dibuat," tuturnya. 

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Ia juga mengaku beruntung mendapat kesempatan menimba ilmu di Universitas Islam tertua ini. Sebagai universitas dengan tonjolan ilmuan keislaman, UIN Sunan Ampel menurutnya berhasil membangun pemikiran agama yang selaras dengan tantangan modernitas. 

"Kehidupan kebangsaan kita tak lepas dari nilai-nilai agama. UIN Sunan Ampel telah berkontribusi mengembangkan cara pandang agama dalam kehidupan berbangsa, dengan cara moderat," pungkasnya.