Dorong Ekonomi UMKM, PLN Beri Bantuan Elektrifikasi Bagi 9 Kabupaten Kota di Jawa Timur

PLN Fasilitasi 9 Desa di Jawa Timur
Sumber :
  • Mokhammad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Perusahaan Listrik Negara Unit Induksi Distribusi Jawa Timur (PLN UID Jatim) memberi bantuan elektrifikasi hingga sarana prasarana bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sembilan Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

Pemprov Jatim Gandeng Marketplace Dorong Digitalisasi UMKM

Kesembilan Kabupaten/Kota tersebut diantaranya Bojonegoro, Gresik, Jember, Kediri, Madiun, Surabaya, Sidoarjo, Pamekasn dan Situbondo.

Diketahui, bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Desa Tematik yang dijalankan Perusahaan Listrik Negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

LKPj Gubernur Akhir TA 2023 Disetujui DPRD Jatim, Pj Gubernur: Target Tercapai Optimal

"Tujuan program ini ialah untuk pengembangan kawasan dengan mendorong masyarakat pedesaan lebih produktif dengan modernisasi peralatan berbasis teknologi. Tentunya program ini tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi listrik untuk kehidupan sehari-hari," terang General Manager Perusahaan Listrik Negara Unit Induksi Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, Senin 21 Agustus 2023.

Seperti di RW 10 Karang Pilang, Surabaya, misalnya. Kawasan ini dinilai memiliki potensi usaha yang beririsan dengan program strategis pemerintah serta mampu menyokong pergerakan roda perekonomian masyarakat sekitar. 

Hadapi Kejuaran Dunia MMA 2024, Atlet Muda Indonesia Disiapkan Sejak Dini

"Potensi usaha di kawasan Desa Tematik RW 10 Karang Pilang ini terbilang cukup unik dan menjanjikan dari segi ekonomi. Selain budidaya ikan lele yang diolah menjadi abon yang siap dipasarkan serta dikonsumsi secara mandiri, kawasan ini juga mengembangkan ternak kambing etawa yang siap menyuplai pasar industri serta perorangan," jelas Agus. 

Bantuan Perusahaan Listrik Negara di kawasan itu diberikan dalam bentuk bantuan pasang baru listrik gratis bagi UMKM pembuatan abon lele, peternakan kambing hingga warung makan.

Halaman Selanjutnya
img_title