Ingin Punya Umur Panjang? Ikuti 8 Kebiasaan Ini

Ilustrasi gaya hidup sehat
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Sebuah studi baru yang melibatkan lebih dari 700.000 veteran Amerika Serikat melaporkan bahwa orang yang menerapkan 8 kebiasaan gaya hidup sehat pada usia paruh baya, diharapkan bisa hidup jauh lebih lama dibandingkan mereka yang memiliki sedikit atau tidak sama sekali dari kebiasaan tersebut.

Jaga Kesehatan Anak, Ini 5 Cara Pilih Camilan yang Baik dan Bergizi

Dilansir dari VIVA, Kedelapan kebiasaan sehat itu adalah aktif secara fisik, terbebas dari kecanduan opioid, tidak merokok, mengelola stres, menjaga pola makan dengan baik, tidak rutin minum minuman keras, menjaga kebersihan tidur, dan menjalin hubungan sosial yang positif.

Menurut studi, pria yang memiliki delapan kebiasaan pada usia 40 tahun diperkirakan hidup rata-rata 24 tahun lebih lama daripada pria yang tidak memiliki kebiasaan ini.

Operasi Pekat Semeru 2024, Polres Gresik Amankan 223 Tersangka dari 206 Kasus

Sementara bagi wanita, memiliki delapan faktor gaya hidup sehat di usia paruh baya dikaitkan dengan perkiraan hidup lebih lama hingga 21 tahun dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki kebiasaan ini. 

“Kami benar-benar terkejut dengan betapa banyak yang dapat diperoleh dengan mengadopsi satu, dua, tiga, atau delapan faktor gaya hidup,” kata Xuan-Mai T. Nguyen, spesialis ilmu kesehatan di Departemen Urusan Veteran dan mahasiswa kedokteran di Carle Illinois College of Medicine.

Jelang Lebaran, Polda Jatim Amankan Sabu hingga Bahan Peledak saat Operasi Pekat 2024

Temuan penelitian menunjukkan bahwa menerapkan gaya hidup sehat penting untuk kesehatan masyarakat dan kesehatan pribadi. Jadi meskipun hanya membuat perubahan kecil di usia 40-an, 50-an, atau 60-an, itu tetap bermanfaat. 

Untuk penelitian ini, para ilmuwan menggunakan data dari rekam medis dan kuesioner yang dikumpulkan antara 2011-2019 dari 719.147 orang yang terdaftar dalam Veterans Affairs Million Veteran Program, sebuah studi besar yang mewakili para veteran AS secara nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title