Cuaca Surabaya Tak Seekstrim Kota Semarang, Ini Penjelasan BMKG Juanda

Cuaca Surabaya Tak Seekstrim Kota Semarang
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim - Viral di media sosial sebuah video memperlihatkan kondisi cuaca panas di Kota Semarang yang membikin traffic cone jalan sampai meleleh. Lalu bagaimana dengan Kota Surabaya?

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Meski secara geografis maupun astronomis antara Kota Surabaya dengan Kota Semarang tidak jauh berbeda. Yakni sebagai wilayah pesisir dan berada di antara 6°10' hingga 7°2' garis lintang selatan. Rupanya suhu di Kota Pahlawan tak seekstrim Kota Semarang.

Di Surabaya suhu pada hari ini, Rabu 23 Agustus 2023, tercatat berada di kisaran 32° celcius. Sementara Kota Semarang 2° celcius lebih tinggi, yakni 34° celcius.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Kenapa cuaca di kedua kota besar Pulau Jawa itu berbeda? Begini penjelasan Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi Juanda kepada Viva Jatim.

Prakirawan BMKG Juanda, Arif, mengatakan, ada tiga faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya suhu di suatu wilayah. Yakni tingkat perawanan, pergerakan matahari dan vegetasi lingkungan.

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

Menurutnya, tingkat perawanan di Kota Semarang lebih rendah bila dibandingkan dengan Surabaya. Tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

"Yang mempengaruhi perbedaan suhu sendiri antara lain perawanan. Mungkin (tingkat perawanan) antara Semarang dengan Surabaya berbeda perawanannya. Di Surabaya selisihnya lebih tinggi daripada Semarang," ujar Arif.

Halaman Selanjutnya
img_title