Kata Presiden Jokowi di Muktamar Sufi Internasional: Jadi Pengenalan Islam Moderat ke Seluruh Dunia

Presiden Jokowi resmikan Muktamar Sufi Internasional
Sumber :
  • Viva

Pekalongan, VIVA JatimPresiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri kegiatan Muktamar Sufi Internasional yang digelar di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Ia mengatakan pertemuan ini sangat penting bagi Indonesia. 

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Muktamar ini, menurutnya, menjadi ajang pengenalan dan contoh Islam moderat di Indonesia bagi tokoh Islam di seluruh dunia.

“Akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Inndonesia, dan membuat Indonesia semakin diperhitungkan,” kata Jokowi dikutip dari Youtube World Sufi Assembly pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Selain itu, Jokowi menilai muktamar ini mempunyai arti yang sangat penting, membuktikan bahwa Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran. Akan tetapi, kata dia, Indonesia punya peran yang sangat strategis, berkontribusi untuk membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis.  

“Muktamar ini mengejawantahkan nilai-nilai luhur tasawuf, thoriqoh, mendekatkan tasawuf dan thoriqoh kepada negara masing-masing,” ujarnya.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Tentu, Jokowi yakin nilai-nilai luhur budaya nusantara seperti saling menghargai, ramah tamah, sopan santun, guyub, dan kearifan-kearifan bangsa lainnya akan sepenuhnya mewarnai Muktamar Sufi Internasional yang mulia ini.  

“Mari kita terus merawat kerukunan, merawat toleransi, menolak ujaran kebencian, menolak fitnah dan hoax, terus berdzikir dan mendoakan persatuan dan keselamatan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
img_title