Ziarahi Makam Pendiri NU di Jombang, Anies Berharap Bisa Teruskan Perjuangan Ulama

Anies Baswedan ditemani Gus Salam ziarahi makam pendiri NU di Jombang
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim –Bakal calon presiden dari 'Koalisi Perubahan Untuk Persatuan' Anies Baswedan berziarah ke sejumlah makan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang pada Kamis, 31 Agustus 2023. 

2 Bupati Sidoarjo dari PKB Terjerat Korupsi, Cak Imin: Jangan Lagi Jatuh ke Lubang Sama

Anies memulai perjalanan ziarah ke makam keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng kemudiian berlanjut ke makam keluarga besar Ponpes Darul Ulum Rejoso, makam keluarga besar Ponpes Bahrul Ulum Tambak beras, Jombang,  dan Ponpes Mamba'ul Ma'rif.

Setibanya di pondok pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Anies Baswedan disambut hangat oleh pengasuhnya KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam dan keluarga besar. Setelah berpelukan dan saling berjabat tangan, Anies Baswedan didampingi Gus Salam ke masjid jami' Popes Mamba'ul Ma'arif untuk melakukan salat dhuhur berjamaah.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Selepas Salat, rombongan menuju komplek makam keluarag Ponpes Mamba'ul Ma'arif. Disana terdapat makam pendiri NU KH Bisri Syansuri, mendiang ayah dari sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, KH Ahmad Yusuf Cholil serta ayah dari Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, KH Muhamad Iskandar. 

"Saya bersyukur sudah sampai di Jombang, dapat ziarah para tokoh pendiri NU dan juga KH Muhammad Iskandar ayah Cak Imin serta KH Ahmad Yusuf Cholil ayah dari Gus Ipul," kata Anies.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Gus Salam juga mempersilahkan Anies Baswedan untuk mampir di kediamannya lebih dulu sebelum melanjutkan perjalanannya. Pertemuan berlangsung tertutup selama 30 menit. Baru kemudian rombangan Anis Baswedan melanjutkan perjalanannya ke rumah Nyai Hj Muhasonah Iskandar Ibu dari Muhaimin Iskandar.

"Alhamdulillah misi 4 pilar utama ziarah tokoh NU sudah bisa tersampaikan. Kami berharap bisa meneruskan perjuangan ulama," tandasnya.